Seo Services

Melestarikan Seni Pencak Silat Warisan Leluhur

 

CIANJUR, Bidiknusantaranews.com - Seni bela diri pencak silat adalah warisan daripada leluhur para pendekar yang wajib di lestarikan oleh generasi penerus bangsa ini. Sebagai budaya asli dari bangsa Indonesia.

Padepokan Macan putih salah satu perguruan silat yang sampai saat ini masih eksis untuk melestarikan budaya Sunda ini, yang beralamat di Kp. Gelar Anyar Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, dalam perjalanannya paguron yang mendalami seni Ibing Karuhun Sunda ini, sudah terbentuk dari tahun 1985 namun exsistensinya kurang berkembang, dikarenakan Lokasi atau tempat tinggal dari sang guru dan pengasuh paguron macan putih ini yang bernama Abah Dayat beberapa kali pindah tempat tinggal (rumah) dan dalam pengembangan seni pencak silat macan putih ini terkesan perorangan.


Tapi semangat kependekaran Abah Dayat dalam mengembangkan seni pencak silat ini tidak pernah pudar, karena di setiap beliau pindah alamat rumahnya, beliau selalu membuka paguron dan mendidik murid-muridnya demi untuk melestarikan seni pencak silat Karuhun Sunda ini.

Bila di hitung dari awal perjalanannya sampai sekarang sudah lebih dari 300 di paguron ini di bawah asuhan beliau. Saat ini para alumni serta para tokoh masyarakat Desa Sukarya Kecamatan Sukanagara telah sepakat bersama sama untuk melestarikan untuk, membangun Paguron Macam Putih di Daerah ini untuk tetap eksis dalam melestarikan budaya bangsa ini khusus seni Ibing pencak silat ini. (D. Koswara)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.