Seo Services

Media Cetak dan Online BNN Gelar Pelatihan Singkat Terkait Jurnalistik



Bandung, Bidik Nusantara News.com- Untuk meningkatkan pengetahuan dan skill para wartawan, Media Cetak dan Online Bidik Nusantara News.com menggelar kegiatan Bintek singkat yang di ikuti para wartawan yang tergabung di Media BNN.

Kegiatan Bintek di laksanakan Sabtu, (16/1/2021) bertempat di sekretariat kantor Redaksi BNN di Komplek Cibiru Raya, Cibiru Wetan Kabupaten Bandung.


Turut hadir dan memberikan arahan, Pemimpin Umum sekaligus Pemimpin Redaksi Media BNN Edward Marbun, yang menyampaikan maksud dan tujuan di gelar acara tersebut, dimana sebagai insan jurnalis harus terus meningkatkan kemampuan karena sangat penting, tantangan di hadapi  tidaklah ringan butuh peningkatan kapasitas baik dari sisi pencarian data informasi hingga penulisan," tegas bang Edward begitu sering disapa.

Edward menambahkan, bahwa bagi seorang wartawan harus memiliki attitude dan etika karena kita sebagai orang timur sehingga penerimaan kita saat bertugas menggali informasi dari narasumber mendapat apresiasi dan perhatian dari masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, tampil sebagai pemateri, Pemred Jurnal1.id yang sekaligus Wapemred Bidik Nusantara News.com, Edi Sutiyo yang di daulat menyampaikan dan berbagi pengalaman kepada sesama rekan jurnalis.

Menurut Edi, syarat dasar ketika ingin menggeluti profesi wartawan adalah, memiliki kemampuan dasar Reporting, kemudian Writing dalam artian seorang wartawan harus mampu memiliki kemampuan mencari dan mengumpulkan data, sebagai bahan berita, setelah data lengkap yang memenuhi sedikitnya 5 W 1 H baru skill selanjutnya adalah kemampuan menulis atau writing," jelasnya.


Dia juga menjelaskan bahwa selain pengetahuan dasar tersebut, yang tidak kalah penting seorang jurnalis  harus memahami kode etik jurnalistik karena didalam kode etik terkandung ketentuan etika didalam  menjalankan profesi sebagai jurnalis," tandasnya. ( Ahmad/ Endang)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.