Seo Services

Wisata Ziarah Darmaraja lesu

 


Sumedang Bidik Nusantara News.com


Wisata Ziarah Darmaraja lesu, aktivitas wisata Ziarah kesejumlah Makam Keramat di kawasan Cipaku Kec Darmaraja Kab Sumedang lesu sejak ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kondisi tersebut berdampak pada mandegnya pendapatan masyarakat dikawasan tersebut.


Juru pelihara makam keramat Lembu Agung dikawasan Cipaku bapak Moch Irwan Mulana menyebutkan, sebenarnya peziarah yang datang ke makam selalu ada, namun tidak sebanyak sebelum terjadinya Pandemi ini.

Kata Irwan, aktivitas ziarah merupakan pekerjaan rutin bagi sebagian masyarakat yang meyakininya sehingga aktivitas ziarah tetap selalu ada.


Ziarah merupakan tradisi, yg banyak orang datang ke makam keramat, mereka berdoa, dan ingin mengetahui sejarah leluhurnya, kata Irwan peziarah banyak datang dari berbagai daerah diantaranya dari Subang, Karawang, Cirebon dan Bandung, bahkan banyak dari luar daerah pulau Jawa.


Dari aktivitas peziarah ini kata Irwan, bisa membatu perekonomian warga sekitar sebelum Pandemi.


Untuk kenyamanan peziarah telah dibangun Bale Gede, sebagai pasilitas bagi pengunjung yang berziarah ke makam Prabu Lembu Agung, berupa bangunan Gazebo yang tak jauh dari lokasi makam, yang masih disekitar pesisir waduk..


(John Ibar S)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.