Seo Services

Tokoh Nasional asal Papua Hendrik Yance Udam Apresiasi Buku 'The Papua Way' Karya Anthonius Ayorbaba

 

Jayapura -Bidik Nusantara News Hendrik Yance Udam (HYU) Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional  Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin Indonesia) memberikan apresiasi penulis buku Anthonius Ayorbaba, SH.M.Si. Dimana karyanya berjudul 'The Papua Way Dinamika Konflik Laten Dan Reflekasi 10 Tahun Ostus Papua'.


"Sebagai warga Papua saya memberikan apresiasi kepada Anthonius Ayorbaba, SH, M.Si, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua. Yang mana telah menulis buku tentang perjalanan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua selama 10 tahun,” kata HYU Tokoh Nasional asal Papua, Senin (03/01/2022) di Jayapura.


HYU yang dijuluki Genghis Khan Indonesia di panggung politik nasional ini menjelaskan, buku yang ditulis oleh  Tokoh Papua Anthonius Ayorbaba SH.M.Si, sangat relevan tentang isu-isu Papua kekinian. Buku ini katanya, terdiri dari 7 BAB dan sudah ia baca sampai habis.


"Di dalam setiap BAB penulisannya sangat kritis dan menjelaskan tentang  konflik Papua, serta langkah-langkah konkrit dalam menyelesaikan persoalan Papua  secara damai," ujar HYU.



Menurutnya, BAB I menjelaskan tentang bagaimana memahami konflik Papua dengan peacemaking criminologi. BAB II  menjelaskan tentang arkeologi koflik dan geosrategi tanah Papua dan BAB III menjelaskan tentang dinamika konflik laten di Papua.


Sementara kata HYU, BAB IV menjelaskan tentang implementasi ostus Papua dan masalahnya. BAB V  menjelaskan tentang pergeseran peta konflik Papua di masa otsus.


"Untuk Bab VI  menjelaskan tentang otsus Papua di persimpangan jalan, dan BAB VII  menjelaskan tentang Kerangka Resolusi Minimal,” tambah HYU.



HYU mengatakan, buku tersebut sangat menarik secara sosial dan politik. Yang mana di tulis secara cermat, tepat dan penuh dengan kejujuran oleh penulis yang saat ini dipercayakan oleh negara sebagai Kepala Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua.


HYU juga menyarankan agar buku ini kiranya dapat di baca oleh pengiat politik tentang isu-isu Papua, serta  kementerian lembaga yang ada di Jakarta yang  berkepentingan dengan isu Papua.


"Sehingga kebijakan politik yang akan di ambil, untuk menyelesaikan persoalan Papua  bisa mendapatkan referensi dari buku The Papua Way yang di tulis Tokoh Papua Anthonius Ayorbaba  SH, M.Si,” pungkas HYU memberikan spirit. (red)




Penulis: RB. Syafrudin Budiman SIP/ TIM BNN MUSA 766hi

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.