Seo Services

NELAYAN PANTAI RANCA BUAYA GELAR UPACARA LARUNG SAJI DAN DOA BERSAMA DALAM ACARA TASYAkURAN HAJAT LAUT.

    



Garut, Bidik Nusantara News (28/07/2023).    

 Nelayan dan warga masyarakat pantai Ranca  Buaya kecamatan Caringin kabupaten Garut  dalam rangka Tasyakuran Hajat Laut Jumat (28/07/2023) menggelar upacara Larung Sesaji dan dilanjutkan dengan doa bersama yang merupakan sebagai bagian acara ritual Tasyakuran hajat laut pantai Ranca Buaya..                  

 Asep Suryaman ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Ranting Kecamatan Caringin Kabupaten Garut ketika ditemui awak media Jumat(28/07/2023) menjelaskan bahwa prosesi adat Larung Sesaji ke laut bukan berarti menduakan kepercayaan tetapi merupakan bagian dari tradisi kearipan budaya yang berarti Sodaqoh.Ritual adat budaya tradisi seperti ini dilakukan pada setiap acara Hajat Laut . Tegasnya.                                                                   

 Pada kesempatan ini Asep Suryaman selaku ketua HNSI Ranting Kecamatan Caringin berharap kedepannya kepada pemerintah baik Bupati dan Kepala Dinas terkait kabupaten Garut untuk ikut terjun langsung pada acara Hajat Laut di pantai Ranca Buaya, itulah harapan  para Nelayan apabila pihak Pemerintah Hadir akan lebih meriah acara tasyakuran ini, ungkapnya.                                                                   

 Menyinggung masalah penataan   Fasilitas dan peralatan Pelabuhan Pantai Ranca Buaya , Asep berharap apa yang diharapkan warga dan para Nelayan agar Wisata dan Pelabuhan Pantai Ranca Buaya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah  baik dari Dinas Kementrian Pariwisata dan Kementrian Kelautan sehingga Pelabuhan Pantai Ranca Buaya  menjadi pelabuhan induk . Ungkapnya            Camat Caringin H. Suhud Suhudiah yang menghadiri acara prosesi upacara Larung Sesaji menghimbau kepada masyarakat agar supaya menjaga dan memelihara kebersihan karena akan berdampak kepada  para pengunjung  maka dari itu mari bersama sama menjaga ketertiban dan kebersihan. Tegasnya.          

 H. Suhud  Suhudiah selaku Camat Caringin juga mengucapkan   terimakasih kepada semua pihak    atas terselenggaranya Tasyakuran hajat Laut  ini,   dan     kepada para neyan pertahankan    terus acaraTasyakuran Nelayan ini dan jaga terus pelihara adat ritual Larung Sesaji karena merupakan salah satu  daya tarik Wisata Pantai Ranca Buaya , pungkasnya .  

   ( Iwan)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.