Seo Services

Pemerintah Kota Cimahi Bekali Pelaku Pasar Untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat.

Pemerintah Kota Cimahi Bekali Pelaku Pasar Untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. 




Cimahi, Bidik Nusantara News. 
Pada awalnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah dilakukan oleh pelaku pasar tradisional (pasar rakyat) dengan cara membeli pakai uang maupun dengan cara barter (tukar barang). Seiring dengan berjalannya dari waktu ke waktu dari pasar tradisional/pasar rakyat, tumbuhlah pasar modern seperti Swalayan dan Mall dengan pasilitas yang memanjakan dan rasa aman para pengunjung untuk belanja. Diantara kedua jenis pasar ini, bahwa pasar tradisional atau pasar rakyat perlu diberi perhatian khusus oleh pemerintah karena pasar rakyat terdapat banyak pelaku pasar yang disebut pedagang demi meningkat perekonomian para pelaku pasar rakyat khususnya dan masyarakat daerah umumnya. Dalam hal inilah Pemkot Cimahi menyikapi melalui Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) menyelenggarakan pembinaan terhadap 100 orang pengelola pasar rakyat di Gedung technopark Cimahi, Jumat (17/05/2024). 

Sekretaris Disdagperin Pemkot Cimahi Taufik Ahmad Taryadi menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan pembinaan para pelaku pasar rakyat ini adalah untuk meningkatkan daya saing antar pelaku pasar rakyat dengan pelaku pasar modern. 

"Pelaku pasar rakyat perlu dibekali Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan kenyamanan bagi para pedagang dengan para konsumen. Pemkot Cimahi menyelenggarakan program sekolah pasar yang kita lakukan saat ini untuk menambah pengetahuan dan kompetensi para pengelola pasar rakyat agar dapat bersaing dengan pelaku pasar modern. 

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Pemkot Cimahi Dikdik S. Nugrahawan juga menegaskan bahwa sangat perlu dilakukan pembinaan terhadap pengelola pasar rakyat agar tidak tertinggal oleh pasar modern atau "E-comerce dengan harapan para pengelola pasar rakyat ini bisa berhasil dalam profesinya demi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Cimahi. 

" Pemerintah Kota Cimahi seirama dengan Pemerintah Pusat untuk mengedukasi serta mendorong para pelaku pasar rakyat agar dapat terus berkembang mengikuti perkembangan jaman yang beralih ke era digital. Diharapkan seluruh pasar dapat menjadi pasar digital. Untuk menuju pasar digital dibutuhkan kerjasama peran serta pengelola pasar, paguyuban pasar rakyat dan para pedagang. 

Dikdik menyatakan, bahwa pihaknya berkomitmen membantu untuk pemulihan ekonomi para pedagang pasar rakyat dengan memperbaiki pengelolaan dan digitalisasi pasar rakyat, agar pasar rakyat ramai pengunjung dengan rasa nyaman dan aman untuk berbelanja di pasar rakyat. (Amron Sihombing)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.