Seo Services

Prestasi Gemilang Kota Cimahi Dapat Peringkat 5 Indeks SPBE Kategori Pemerintah Kota pada Digital Government Award

Prestasi Gemilang Kota Cimahi Dapat Peringkat 5 Indeks SPBE Kategori Pemerintah Kota Pada Digital Government Award. 



Cimahi. Bidik Nusantara News. 
Kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) summit 2024 dan meluncurkan Government Technology (GonTech) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Senin (27/05/2024) 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB ini bertujuan untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. Dalam kegiatan ini pihak Kementerian PAN-RB memberikan penghargaan "Digital Government Award" pada instansi Pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE. 

Berdasarkan penilaian Kementerian PAN-RB dalam Indeks SPBE, Pemerintah Kota Cimahi berhasil mendorong perkembangan layanan Digital dan meraih peringkat 5 Indeks SPBE tertinggi untuk kategori Pemerintah Kota pada "Digital Government Award" 2024. 
Apresiasi Kementerian PAN-RB memberikan penghargaan terhadap prestasi keberhasilan pencapaian layanan indeks SPBE peringkat 5 kategori Kota Cimahi, langsung diterima Penjabat (Pj) Walikota Cimahi Dicky Saromi. 

Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi bersyukur dan merasa bangga bahwa Kota Cimahi masuk dalam peringkat 5 indeks SPBE kategori Pemerintah Kota diantara seluruh pemerintahan kota di Indonesia. 

"Digital Government Award" diberikan sebagai apresiasi pada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE. Hal ini merupakan bentuk penguatan arah kebijakan SPBE Nasional sebagaimana arahan Presiden RI dalam rapat kabinet internal pada tanggal 25 Maret 2024 mengenai percepatan Transformasi dan layanan digital nasional sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023.

"Penilaian indeks SPBE ini melibatkan puluhan Perguruan Tinggi sebagai Asesor eksternal. Dalam prosesnya melalui berbagai tahapan; diantaranya penilaian mandiri, penilaian dokumen, penilaian interview, visitasi dan pelaporan. Penilaian final dilakukan oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional yang terdiri atas Kemendagri, Kemenkeu, Kemenkominfo, Kementerian PPN Bappenas, BSSN dan BRIN yang dikoordinasikan oleh Kementerian PAN-RB. 

Selain Kota Cimahi ada 64 instansi pusat dan daerah yang menerima "Digital Government Award" 2024. Penghargaan ini terbagi dalam 6 (enam) kategori berdasarkan tingkat kematangan dalam penerapan SPBE, yaitu; a) indeks SPBE tertinggi untuk kategori Kementerian, b) indeks SPBE tertinggi untuk kategori LPNK, LNS dan instansi lainnya, c) Indeks SPBE tertinggi kategori pemerintah Provinsi, d) indeks SPBE tertinggi untuk pemerintah Kota, e) indeks SPBE tertinggi untuk kategori pemerintah Kabupaten, dan f) instansi dengan kategori peningkatan SPBE signifikan. 

Berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan SPBE tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN-RB Kota Cimahi meraih nilai 4,02 dengan predikat nilai Sangat Baik yang sebelumnya pada tahun 2022 dengan nilai 3,09 dengan predikat Baik. 

"Upaya yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Cimahi dalam penyelenggaraan SPBE ini diantaranya dengan meningkatkan dan mengintegrasikan layanan digital kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. Dengan adanya implementasi layanan SPBE diharapkan mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan publik dan layanan berbasis digital sehingga penyelenggaraan pemerintahan menjadi lebih efektif dan optimal. 
Sumber: Diskominfo Bidang IKPS

*BNN; Amron Sihombing

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.