Header Ads

ad

Warga Cibiru Wetan Tidak Perlu Ke Soreang Urus KTP


Kantor Desa Cibiru Wetan


Cileunyi, Bidik Nusantara News- Warga Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi  Kabupaten Bandung kini bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Warga dapat memanfaatkan ADM untuk mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Akta Lahir.

Hal tersebut disampaikan oleh Kades Cibiru Wetan, Hadian Supriatna saat mendampingi Kepala Seksi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bandung Asep Muhammad Yusuf dalam melakukan setting ADM di Desa Cibiru Wetan, Jum'at (14/10/2021) Alhamdulillah terimakasih pak Bupati atas mesin ADM hal ini sangat membantu warga dalam mendapatkan pelayanan kependudukan," ungkap Kades yang baru baru ini mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional.

Sebelumnya beberapa waktu yang lalu Bupati Bandung, Dadang Supriatna, meluncurkan ADM tersebut di Desa Ciaro, Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (30/6). Bupati mengatakan, ADM merupakan salah satu upaya Pemkab untuk mempermudah layanan adminisrasi kependudukan bagi masyarakat.

Sehingga pembuatan KTP, KK dan lain-lain pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) ini bisa dioptimalkan. Dan ke depan masyarakat di desa, tidak usah datang langsung ke Soreang. Cukup di desa masing-masing, lima menit akan selesai KTP kita melalui ADM," ucap Dadang saat itu kepada para wartawan.

Terpisah Kasie Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bandung, Asep Muhammad Yusuf menjelaskan saat ini baru 3 desa yang sudah ada mesin ADM nya Yakni, Desa Ciaro Nagrek, Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan dan Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi," ungkapnya.

adanya ADM juga dapat meminimalkan risiko ongkos perjalanan warga yang akan mencetak dokumen kependudukan. ADM juga diharapkan menghilangkan praktik percaloan dan pungutan liar (pungli) yang sering terjadi di masyarakat. ( Edi)



Tidak ada komentar