Seo Services

Rusmana, S.IP., Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Lebakwangi Terus Upaya Kesejahteraan Bagi Para Petani

 

Kuningan-Jabar, Bidik Nusantara News


Rusmana, S.Ip. mempunyai andil yang cukup besar untuk mensejahterakan para petani terutama di bidang pangan yang ada di wilayah kerja Kecamatan Lebakwangi. Beliau merupakan sosok yang ramah, baik budi dan bermasyarakat.

Saat di temui awak media di ruang kerjanya, beliau menyampaikan beberapa tugas pokok dan kesiapannya untuk membenahi bidang pertanian dan pangan di wilayah kerja yang dipimpinnya. UPTD Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian merupakan salah satu berkedudukan sebagai unsur pembantu kepala dinas dalam, melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau teknis, penunjang pada wilayah kerjanya, menuturkannya. Rusmana, S.Ip. mengatakan, banyaknya tenaga muda produktif yang menganggur sangat buruk bagi perekonomian negara. Tenaga muda tersebut tidak tertarik dengan pertanian konvensional yang menguras tenaga. Pertanian dan tenaga muda membutuhkan pembaharuan, dan disinilah peran penting Mekanisasi Pertanian.

Rusmana, S.Ip., saat ini memangku jabatan sebagai Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan. Ditemui di ruang kerjanya Senin lalu, beliau menjelaskan tentang apa itu UPTD dan fungsinya. Berikut ringkasan dan wawancara S.Ip., dengan awak media. 

“Sebagaimana diketahui, pertanian adalah sektor vital dalam kehidupan dan ekonomi suatu negara. Dengan pertanian yang baik maka negara tersebut akan jauh dan kelaparan dan kemiskinan. Indonesia adalah negara berbasis agraris, dengan alam yang subur dan produktif. Hanya dibutuhkan penanganan, sarana dan prasarana yang tepat untuk menjadikan pertanian di Indonesia berkembang, ujarnya. Namun yang terjadi adalah pertanian tidak dijadikan sektor utama olch pemerintah, bahkan masyarakat petani itu sendiri. Pemikiran yang berkembang adalah petani adalah profesi yang lekat dengan kerja keras, namun jauh dan makmur, tambahnya. Didorong oleh hal tersebut, banyak petani yang menganjurkan keturunannya untuk mencari profesi lain dan tidak melanjutkan pertanian yang telah dirintisnya. Sehingga makin lama tenaga pertanian di Indonesia makin berkurang, ditambah lagi semakin berkurangnya lahan pertanian yang banyak dialihfungsikan ke sektor lain. Akhirnya yang terjadi adalah menurunnya produktivitas pertanian dan meningkatnya pengangguran”, tukasnya. 

UPTD adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan!atau kegiatan teknis penunjang;

Kegiatan teknis operasional sebagaimana dimaksud adalah:

1. Tugas untuk melaksanakan kegiatan teknis yang secara langsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat;

2. Kegiatan teknis penunjang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah melaksanakan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan tugas dinas;

3. Pengaturan tentang UPTD mengenai nomenklatur, jumlah dan jenis, susunan organisasi, tugas dan fungsi ditetapkan dengan Peraturan Bupati tersendiri.

4. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Rusmana, S.Ip., selaku Kepala UPTD BPP Kecamatan Lebakwangi terus melakukan upaya kerja keras untuk mensejahterakan masyarakat di bidang pertanian yang lebih baik dan memberikan bibit unggul yang hasilnya memuaskan para petani khususnya para petani yang berada di wilayah Kecamatan Lebakwangi.  


(Rajak)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.