Seo Services

Satpol Airud Polres Karimun Bersama Tim SAR Temukan Laka Laut di Perairan Kundur


Karimun, Bidik Nusantara News
- Satpol Airud Polres Karimun melakukan evakuasi bersama Basarnas, Pos TNI AL Tg. Batu dan BKO Dit Polairud Polda Kepri  serta di bantu oleh masyarakat sekitar dan nelayan berhasil temukan jasat korban ABK KM. Berkat Ilahi 01 di perairan bongkar muat di Tg. Batu Kundur dekat hotel Holiday Tg. Batu Kundur Kab. Karimun, Rabu (14-09-2022)

Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Pos AL Tg batu dan BKO Dit Pol Airud Polda Kepri  serta di bantu oleh masyarakat sekitar dan nelayan berhasil menemukan korban tenggelam ABK KM. Berkat Ilahi 01  an. Wahyu Prasetiya (21). Kejadian laka laut yang terjadi pada hari Selasa 13 Septemper  2022  pada pukul 09.00 wib, saat itu posisi korban Wahyu Prasetya ABK Kapal KM. Berkat Ilahi 01 terjatuh pada saat mengencangkan tali kapal sesaat kapal akan mau dipindahkan, mendadak mesin kapal tiba-tiba mati. Kejadian tersebut terjadi di perairan Tg. Batu Kundur didepan pelabuhan bongkar muat Tg. Batu Kundur Kab. Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K., S.H.  saat dikonfirmasi melalui Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir, SH, MH membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Bahwa pihaknya benar telah menerima laporan informasi dari masyarakat tentang ada ABK Kapal terjatuh pada saat mengikat tali kapal," ujar Binsar Samosir.

Setelah menerima informasi dan laporan kejadian dimaksud lalu diadakan SAR gabungan yang terdiri dari jajaran Satpolairud Polres Karimun menggunakan RIB Satpol Airud Polres Karimun, BKO Dit Polairud Polda Kepri di Tg. Batu menggunakan KP. 1009, Kapal patroli Pos AL Tg Batu, 1 unit RIB Basarnas, KSOP Tg. Batu Kundur, Instansi terkait serta masyarakat nelayan sekitar.

Setelah selama lebih kurang 2 (dua) hari melakukan pencarian  atau SAR akhirnya tim gabungan SAR berhasil menemukan jenazah korban pada hari rabu tanggal 14 September 2022 pukul 17.00 Wib dipelabuhan tidak jauh pada saat korban terjatuh, pas dipelabuhan beton besar bongkar muat Tg Batu Kundur setelah korban ditemukan lalu di evakuasi oleh Tim SAR dan masyarakat  selanjutnya di lakukan Visum ET Revertum terhadap korban di Rumah Sakit Tg. Batu Kundur kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk langsung dibawa rumah kediaman duka Tg. Batu Kundur untuk selanjutnya dimakamkan.

"Dengan ditemukannya korban kegiatan SAR secara otomatis kita tutup dan dianggap selesai," ujar Binsar Samosir.

Selanjutnya Binsar juga menghimbau agar setiap saat para pengguna sarana angkut laut baik penumpang maupun kapal lainnya termasuk crew yang ada di atas kapal saat melakukan aktifitas laut, agar memperhatikan aspek keselamatan dengan selalu menggunakan alat keselamatan (lift jaket) dan alamat keselamatan lainnya saat melakukan aktifitas dilaut, terutama berlayar guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. "Karena belakangan ini cuaca di beberapa daerah khususnya Kepri selalu berganti-ganti dan tidak dapat diprediksi," ujar Binsar Samosir.


(E.S)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.