Seo Services

Ketua FPRB Kabupaten Bekasi Hadiri Apel HKBN Tahun 2023 Bersama Pj.Bupati Bekasi

 


Bekasi – Jabar || bidik Nusantara news 

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan memimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2023 di Halaman Museum Gedung Juang, Jl. Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan pada Rabu (26/04/2023).

Dani Ramdan mengatakan, Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional diperingati setiap tanggal 26 April, bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Melalui Undang-Undang tersebut, kita mencanangkan perubahan paradigma penanggulangan bencana, yang tadinya hanya fokus pada tanggap darurat, ketika bencana terjadi baru kita bergerak, menjadi pengurangan risiko bencana, jadi lebih ke pencegahan,” ujarnya.

Dani Ramdan berharap, dengan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, semakin memberikan kesadaran bagi masyarakat bahwa bencana menjadi urusan bersama, yang membutuhkan kepedulian dan harus ditangani sejak dari pencegahannya.

“Untuk pencegahan bencana yang melibatkan masyarakat, kita sudah bentuk wadah Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Sekarang sedang berproses pembentukan FPRB di tingkat desa,” terangnya.

Dani menuturkan, FPRB bertugas untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar tahu, sadar dan mau melakukan pengurangan risiko bencana, seperti mencegah banjir, longsor, kebakaran atau bencana lainnya.

Dari data yang tercatat, lanjut Dani, jenis bencana yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi adalah banjir dan angin puting beliung. Selain di daerah aliran sungai, saat ini banjir juga terjadi di pemukiman warga yang drainase-nya kurang bagus.

“Selain itu, dalam Tata Ruang Kita (revisi), kita temukan bahwa di beberapa kecamatan ada sesar baribis, ini punya potensi sebagai gempa, oleh karena itu, ini semua harus dimitigasi,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis menambahkan, dalam kegiatan mitigasi pengurangan risiko bencana, pihaknya melibatkan berbagai unsur untuk berkolaborasi dalam penanganan bencana di Kabupaten Bekasi.

“Ya, kita berkolaborasi dengan TNI, Polri, FPRB, Destana, juga perangkat daerah terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PMI Kabupaten Bekasi dan unsur lainnya,” katanya.

Muchlis memenuturkan, peran semua stakeholder dan para relawan dalam penanganan bencana di Kabupaten Bekasi, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Semua sudah memperlihatkan perannya, baik pada saat tanggap darurat bencana yang lalu, maupun saat membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun ini,” tuturnya.

Tampak hadir Ketua FPRB Kabupaten Bekasi Tuti Nurcholifah Yasin mengadiri Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

SAUT

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.