Seo Services

Bazar UMKM Cilacap Bertajuk UMKM Fest 2023 Untuk Mengenalkan Ciri Khas Produk Lokal


CILACAP - BIDIK NUSANTARA NEWS .... 

Guna mengenalkan dan memasarkan serta mempromosikan produk-produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kabupaten Cilacap gelar bazar UMKM Cilacap bertajuk UMKM Cilacap Fest 2023. Selain itu, acara tersebut juga sebagai ajang komunikasi untuk membangun ekosistem yang baik dan positif. 

Acara yang dilaksanakan Jum'at, (03/11/2023) di gedung Plut/UMKM Cilacap dibuka Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar yang diwakili Asisten 1 bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap, Drs.M Wijaya, MM , dihadiri Forkompimda, dan pelaku UMKM Cilacap. 

Ditemui usai acara Ketua Tim Penggerak PKK Kabuoaten Cilacap, Fitriatin mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi wadah UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan serta promosi agar lebih dikenal. Selain itu juga diharapkan sebagai wadah untuk saling komunikasi, jadi kita membangun ekosistem yang baik dan positif agar UMKM Cilacap lebih maju kedepannya. 

"Kegiatan ini juga diwarnai lomba kreasi membuat parsel dari produk lokal, mudah-mudahan melalui kegiatan ini, setiap wilayah memiliki kepedulian, kepekaan untuk bisa ikut mempromosikan produk UMKM di wilayahnya masing masing," katanya. 

Sebenarnya, menurutnya sudah banyak sekali pelatihan, pendampingan untuk ijin. Untuk membuat ijin itu sangat mudah sekali, karena sudah satu atap. Jadi sangat dimudahkan sekali pembuatan ijin untuk teman teman UMKM, untuk produk produk UMKM itu sendiri. 

"Antusias pelaku UMKM sangat luar biasa, misalnya merangkai parsel dengan kardus yang dibuat dengan kreatif untuk wadah parsel. Mudah mudahan ini menjadi wadah baru kreatifitas teman teman," jelasnya.

Ia menandaskan, bahwa kedepan hal itu bisa jadi peluang usaha baru, disamping menampilkan produk produk lokal di sekitar mereka, juga bisa memanfaatkan limbah yang ada di sekitar.

"Kami berharap melalui kegiatan ini banyak masyarakat yang terlibat dalam rangka untuk promosi," ucapnya. 

Sementara, Asisten 1 bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap, M. Wijaya mengatakan, bahwa UMKM itu merupakan salah satu kegiatan yang memang harus kita akui. UMKM itu menurut saya, Soko guru dari perekonomian kita sekarang disamping koperasi. Kenapa seperti itu? karena UMKM itu yang pertama menggunakan bahan lokal itu multiplayernya luar biasa. 

"Mereka yang mulai dari bahan baku dan sebagainya diolah oleh mereka, kemudian dijual. Cuma sayangnya memang UMKM kita sekarang ini mayoritas masih belum menuju ke arah digitalisasi, kalau sudah digitalisasi saya yakin UMKM kita itu nanti akan menuju ke tingkat regional, nasional bahkan internasional untuk produk produk kerajinan," jelasnya. 

Wijaya menambahkan, bahwa kalau produk makanan memang masih lokal, lokal saja masih bagus. Oleh karena itu, kegiatan ini akan kita support dengan berbagai penambahan kegiatan, dan UMKM akan kita fasilitasi lagi.

"Mudah mudahan kegiatan ini akan memacu dan sebagai motivasi kita semuanya, sehingga UMKM akan semakin berkembang," ujarnya. 

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usah Mikro pada UMKM Cilacap, Eli Kurniawati mengatakan bahwea tujuan dilaksanakan bazar UMKM ini adalah agar kita bisa mempromosikan produk produk seluruh kecamatan se-Kabupaten Cilacap. 

"Sebenarnya produk produk Cilacap cukup banyak, tetapi sampai saat ini kita masih belum ada ciri lakas Cilacap itu apa. Dengan kita melaksanakan kegiatan ini yang bersinergi dengan BUMN dan BUMD serta pihak swasta selaku pelaku UMKM sendiri agar mereka juga mengenalkan produk produk Cilacap," paparnya.

Eli menambahkan, syukur syukur ini adalah ajang silaturahmi UMKM dari wilayah Cilacap Barat dan Cilacap Timur agar mereka akan saling sinergi membentuk jaringan supaya nanti kedepan mereka bisa saling bahu membahu untuk memajukan UMKM Cilacap. 

"Era digital sekarang ini, teknologi kita harus berkelompok. Bekerja berkelompok itu lebih kuat dari pada bekerja sendiri sendiri," tandasnya. 

Dalam bazar UMKM bertajuk UMKM Fest 2023, menurutnya dengan taglinenya kr bazar UMKM bertajuk UMKM Fest 2023, menurutnya dengan taglinenya kreasi lokal berdampak global ini, selain bazar juga diadakan beberapa lomba, salah satunya lomba merangkai parsel yang diikuti tim penggerak PKK se-Kabupaten Cilacap, lomba cipta kreasi pemanfaatan limbah yang dikuti oleh pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Cilacap, lomba mewarnai, senam Aerobik, senam landance dan juga Yandor atau nyanyi mendapatkan doorprize. 

"Kegiatan ini diikuti pelaku UMKM se-Kabupaten Cilacap, karena ini tidak person by person, tetapi stand ini mewakili distrik distrik, jadi setiap distrik kita meminta agar mereka mengikutsertakan semi UMKM yang ada di distrik masing masing, juga stand Tria, kita memang mengelompokan," jelasnya.

Eli menuturkan, bahwa kita terbatas, hanya tiga alokasi yang di kota dari Cilacap Selatan, Utara dan Tengah, kemudian ada juga stand kuliner. Semoga kedepan kalau ini bisa berjalan bisa menjadi kantin untuk wilayah sekitar. 

Disingung soal plut diaktifkan kembali, Eli menegaskan plut itu bukan mati suri. Plut itu selalu aktif, setiap bulan kita mengadakan pelatihan dan juga setiap hari kita memfalitasi UMKM, karena di dalam plut ini ada 5 konsultan kelembagaan yang memfasilitasi perijinan dan juga sertifikat halal. 

"Untuk konsultan produksi kaitannya dengan kemasan produk, konsultan anggaran terkait pelatihan, konsultan pembiayaan membantu memfasilitasi teman teman UMKM untuk bisa mengajukan KUR ke perbankan, dan konsultan pemasaran membantu obdoordin di maketplace atau di e-katalog. Dalam kegiatan ini teman teman konsultan juga melakukan pendampingan pelaku UMKM di daerah," pungkasnya. 

( HADI TRY WASISTO . R )

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.