Seo Services

MUSREMBANG TINGKAT KOTA CIMAHI RESMI DIBUKA OLEH Pj. WALIKOTA.

MUSREMBANG TINGKAT KOTA CIMAHI RESMI DIBUKA OLEH Pj. WALIKOTA. 

Cimahi, Bidik Nusantara News. 
Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembang) tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 sekaligus launching kompetisi "Chima Awards 2024 bertempat di Aula utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Kamis (07/03/2024). 
Pj. Walikota Cimahi Dr. Ir. H. Dicky Saromi dalam kata sambutannya di acara resmi pembukaan Musrembang tingkat Kota Cimahi mengatakan, bahkan pembangunan dalam 20 tahun kedepan harus menggunakan pradigma baru, Indonesia harus melakukan transformasi pembangunan secara menyeluruh berlandaskan kolaborasi seluruh elemen bangsa dalam mendorong kemajuan termasuk Kota Cimahi yang mengusung visi yaitu "Cimahi Campernik" kota maju, unggul dan berkelanjutan. Proses perencanaan partisipatif harus menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pemerintah. Musrembang merupakan pendekatan "botton-up" yang memberikan ruang bagi masyarakat secara aktif mempengaruhi rencana anggaran dan belanja kota dan bagaimana kegiatan pembangunan disusun. 
Masyarakat, Pemerintah serta Dunia usaha sebagai Tiga Pilar "Good Governance" Memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam pembangunan, sehingga partisipasi masyarakat sangat penting karena merupakan kesempatan untuk secara bersama masa depan Kota Cimahi, "ungkapnya.
Pj. Walikota Cimahi menambahkan, tema dari Musrenbang ini adalah; Perwujudan stabilitas perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia. Tema ini dimaksudkan dalam rangka mewujudkan kondisi perekonomian Kota Cimahi tersusun dengan indikator makro ekonomi daerah dalam kondisi stabil serta mewujudkan daya saing Sumber Daya Manusia dengan meningkatnya indeks pendidikan dan kesehatan serta berkurangnya tingkat pengangguran terbuka, "terangnya.
Dipenghujung acara Musrembang, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya Musrembang tingkat Kota Cimahi yang dihadiri 400 undangan undangan dari berbagai stakeholders pembangunan, adalah untuk menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah daerah dan disinkronkan dengan arah kebijakan prioritas sasaran pembangunan kota Cimahi dan kegiatan strategis provinsi Jawa Barat dan Nasional, " Jelasnya. 
Pelaksanaan Musrembang Kota Cimahi 2024 di dahului dengan kegiatan pelatihan kader perencana, FGD musrembang di tingkat RW atau Rembuk RW dilanjutkan dengan kegiatan FGD Musrembang tingkat Kelurahan sampai dengan tingkat Kecamatan yang kemudian dibahas dan disepakati dalam Musrembang tingkat Kota, "tuturnya.
Sebelum ditutupnya acara Musrembang, Sekda Pemkot Cimahi, Dikdik berharap dalam membangun budaya inovasi di Kota Cimahi. Pemerintah membuka ruang kolaboratif untuk Pemikiran-pemikiran, solutif serta kebebasan untuk mengeksplorasi ide-ide baru melalui kegiatan pembangunan inovasi (Cimahi Innovathon Days 2024) yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan Kompetisi Inovasi "Cimahi Matekar Award" (Cima) sebagai wadah apresiasi bagi para inovator dan sebagai media tumbuh berkembangnya inovasi di Kota Cimahi, "tuturnya. (Bidang IKPS/Amron Sihombing)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.