Seo Services

Apresiasi Pekan Imunisasi Dunia, Pemerintah Kota Cimahi Menggelar Berbagai Kegiatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Apresiasi Pekan Imunisasi Dunia, Pemerintah Kota Cimahi Menggelar Berbagai Kegiatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat. 
Cimahi, Bidik Nusantara News
Memperingati hari "Pekan Imunisasi Dunia" (PID), Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menggelar sarasehan dengan tema "Review Penguatan Program Imunisasi Dasar Lengkap dan Universal Child Immunization" Di Aula Mal Pelayanan Publik (MPP) Jl. Aruman Kelurahan Cibabat Kota Cimahi, Selasa (30/04/2024) 

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Cimahi Mulyati menyampaikan dalam kata sambutannya, talkshow ini merupakan tindak lanjut dalam upaya memutus penyebaran penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) juga diselenggarakannya Pekan Imunisasi Dunia Tingkat kota bertujuan untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dengan cara meningkatkan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada Bayi dan Balita usia 0 - 59 Bulan, tegasnya. 

"Sepekan dari tanggal 22 - 28 April 2024 sebelum kegiatan sarasehan ini diselenggarakan sudah dilakukan penyuluhan, pengobatan imunisasi di setiap Puskesmas Kelurahan se-Kota Cimahi dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia. Kegiatan selama sepekan, pihak Dinas Kesehatan Pemkot Cimahi menilai kinerja para petugas kesehatan Puskesmas disetiap Kelurahan yang merupakan garda terdepan melayani kesehatan masyarakat khususnya pada anak berkaitan dengan IDL dengan mengapresiasi keberhasilan pelayanan Puskesmas Kelurahan yang terbaik dengan menganugerahkan Piagam Penghargaan, ungkapnya. 

"Mulyati menambahkkan, bahwa Dinas Kesehatan Pemkot Cimahi memiliki satu aplikasi yang namanya ASIK (Aplikasi Sehat Indonesiaku). Melalui ASIK ini boleh diimput bebas datanya melalui HP android, untuk mengetahui perkembangan kesehatan masyarakat Kota Cimahi, "tambahnya.

Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi menerangkan, semasa Covid-19 tahun 2020 - 2023 mengakibatkan turunnya penanganan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang berujung kasus PD3I banyak bermunculan di beberapa daerah Kabupaten dan Kota Indonesia dan termasuk di dalamnya Kota Cimahi, "tuturnya.

" Kasus PD3I terjadi, karena akumulasi anak-anak yang belum mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap. Imunisasi merupakan upaya tindakan preventif atas pencegahan penyakit menular untuk melindungi masyarakat terutama usia anak dari penularan PD3I, juga menurunkan angka kesehatan, dengan kata lain IDL merupakan memberikan perlindungan kesehatan anak Bayi dan Balita dari penyakit berbahaya. 

"Diky Saromi bernostalgia, bahwa semasa kecilnya menginjak Sekolah Dasar, dirinya menerima imunisasi yang disebut suntikan Cacar dipangkal lengan yang masih berbekas sampai sekarang. Itu merupakan suatu langkah pencegahan penyakit, " Selorohnya. 

"Dicky Saromi berharap dan mengajak, untuk mewujudkan cakupan imunisasi yang maksimal, diharapkan upaya bersama seluruh elemen masyarakat dan lintas sektor terkait terutama penyebaran informasi kepada masyarakat menyangkut pentingnya imunisasi demi tercapainya cakupan program IDL, "tegasnya.

Kegiatan sarasehan ini dihadiri 120 orang perwakilan Perangkat Daerah, lintas sektor terkait dan masyarakat. 
Narasumber dr. Dewi Ambarwati selaku Kepala Tim Kerja Surveilans dan imunisasi tentang strategi penguatan imunisasi rutin Provinsi Jawa Barat serta dari Ikatan Dokter Spesialis Anak Indonesia (IDA) Provinsi Jawa Barat. (Amron Sihombing).

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.