Header Ads

ad

Satgas Pamtas RI-PNG Melaksanakan Patroli Patok Batas Negara MM 8.1 di Daerah Ninatie


PAPUA, Bidiknusantaranews.com - Tugas pokok Satgas Pamtas RI-PNG dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah NKRI antara RI-PNG. Satgas Pamtas Yonif mekanis 516/CY melaksanakan patroli patok di Distrik Ninatie Kabupaten Boven Digoel, Papua. Selasa (18/8/2020). 

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P dalam realise tertulisnya. Rabu (19/8/2020) 

Patroli patok ini dipimpin langsung oleh Danpos Ninatie Letda Inf Suhariyanto, diadakan patroli patok bertujuan untuk mengetahui dan mengecek kondisi serta posisi patok, agar tidak bergeser dari wilayah NKRI. 

Setelah 5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 9 KM anggota yang melaksanakan patroli tiba dipatok MM. 8.1 dilanjutkan dengan kegiatan pengecatan patok, menganti bendera dan pengecatan ulang tiang bendera agar terlihat lebih bagus dan membersihkan rumput-rumput dan tumbuhan liar di sekitar patok.

Dengan melewati medan yang menantang, mulai dari tanjakan, jalan yang terjal dan menurun, hal ini tidak menjadi  hambatan bagi anggota satgas yang melaksanakan patroli

Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY menyampaikan penekanan kepada seluruh pos-pos yang memiliki tanggung jawab patok-patok agar di jaga keberadaannya apakah sesuai dengan posisi atau koordinatnya, dan melaksanakan perbaikan patok yang rusak ataupun cat yang pudar. 

Menurut penuturan perwira topografi Lettu Ctp Agung selain mental dan fisik yang terlatih juga dibutuhkan kemampuan bernavigasi yang mahir. Yang wajib dimiliki setiap anggota satgas.

Kegiatan ini harus dilaksanakan untuk mencegah adanya pergeseran patok batas negara, karena hal ini dapat mengakibatkan kerugian bagi negara apabila ada pergeseran patok ke arah Indonesia yang berdampak pada berkurangnya luas wilayah NKRI.(Redaksi)

Tidak ada komentar