Seo Services

Diduga Tindakan Oknum Seorang Guru Sangat Memalukan Pukul Siswa Tidak Wajar Di SMA Mutiara Sandi Baleendah

 


Bandung: bidiknusantaranews.com

Kejadian  memalukan, dan sangat disayangkan tindakan seorang oknum guru telah mencoreng  nama baik dunia Pendidikan kini terulang kembali, Menimpa salah seorang siswa disalah satu sekolah swasta SMA/SMK Mutiara Sandi yang berada diwilayah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

Berawal dari adanya kegiatan sekolah, dalam perayaan HUT.  RI ke 78,  tepatnya, Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 dilapangan komplek sekolah tersebut.

Dengan adanya salah satu video yang didapatkan oleh awak media serta keluhan warga yang sempat menonton vidio tersebut.

Awak media langsung mendatangi sekolah untuk konfirmasi tentang kebenaran dan memastikan kejadian tersebut kepada fihak sekolah , yang saat itu kepala sekolah sedang tidak ada ditempat, Selasa, 29-08-2023.

Pada kesempatan itu, 2 orang guru yang dapat kami wawancarai dari fihak sekolah, yang mengaku sebagai wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan (Trs ) dan bidang Administrasi, menyatakan bahwa kejadian dugaan tindak kekerasan tersebut benar - benar terjadi.

Beliau beralasan serta berharap agar  awak media : untuk selektif dan memberikan keterangan yang didasari dengan bukti - bukti serta diharapkan ada konfirmasi terlebih dahulu dalam menyajikan pemberitaan / jangan asal jepret, ucap guru. 

Namun setelah diperlihatkan bukti vidio tersebut beliau berharap supaya di hapus agar tidak viral, kepada rekan media yang turut konfirmasi.

Hal tersebut menguatkan dugaan  telah terjadi himbauan dari fihak sekolah kepada siswa - siswi yang mendapatkan vidio kejadian untuk menghapusnya, agar tidak diketahui / tersebar luas, yang diindikasikan sebagai upaya untuk menghilangkan bukti.

Lain halnya dengan pengakuan yang diduga sebagai pelaku pemukulan ( Jyn ) seorang pengajar yang jujur  mengakui secara terus terang  bahwa : memang kejadian itu benar adanya.

Dalam keterangannya beliau mengatakan.Berawal dari permintaan para siswa yang ingin membuat konten.Tampak dalam vidio tersebut para siswa membentuk lingkaran , juga tampak ada fleer asap dalam kegiatan tersebut.Dalam suasana tersebut para pelajar bernyanyi dan bersorak dalam yel,yel penuh dengan suasana euporia 

Namun seseorang berbaju merah yang berada dalam lingkaran  tampak memukul salah seorang sebanyak 2 kali dan mengejar keluar lingkaran hingga vidio tersebut berakhir.

Sesuai dengan keterangan yang disampaikan melalui telepon, beliau mengakui bahwa kejadian tersebut dipicu dari adanya pemukulan yang dilakukan oleh korban terlebih dahulu kepadanya, sehingga dia membalasnya.

Hal tersebut menandakan emosi control seorang guru diduga tidak stabil, apalagi tidak mengedepankan  komunikasi terlebih dahulu dan main tangan.Yang setidaknya akan menimbulkan resiko dan beban psikologis terhadap anak didik. Namun kejadian tersebut menurut pengakuannya, telah dilakukan kesepakatan, yang tidak akan saling menuntut.

Disinggung tentang perbuatannya, mengenai etika sebagai pendidik dan pengajar, beliau mengaku khilaf dan terpancing serta beliau mengaku bersalah, dan siap menanggung konsekwensi dari perbuatannya tersebut, dan siap dikeluarkan dari kelembagaan pendidikan tersebut.

Demi menebus semua kesalahannya dalam kejadian tersebut.

Tegasnya


Andri Pelani

Biro Kab. Bandung

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.