Seo Services

Masyarakat Wajib Waspada Penipuan Online Berdalih Penjualan Online di Tiktok


Bandung, Bidiknusantaranews - Penipuan online semakin hari semakin merajala melalui berbagai media, tidak terkecuali pencuri mencari mangsa melalui aplikasi yang sedang banyak di pakai oleh masyarakat indonesia yaitu aplikasi Tiktok. 

Sabtu, 02/09/2023 salah satu warga desa cibiru wetan nur rahma yang biasa disapa rahma ini menjadi salah satu korban penipuan berdalih berbelanja di media sosial tiktok.




Korban menceritakan kronologinya saat yang bersangkutan membeli produk rice cooker di tiktok dengan total tagihan Rp.290.000 (dua ratus sembilan puluh ribu rupiah) saat pembayaran sudah dilakukan penjual berdalih bahwa transaksi overload sehingga uang tersebut dikembalikan lagi. Setelah itu penjual menghubungi kembali pembeli saudari nur rahma melalui whatsapp bahwa penjual akan dilakukan melalui COD (Cash On Delivery), pelaku secara sengaja mengirimkan kode virtual account kepada korban dengan kode virtual account 9887387560317230 dengan tujuan PT Dompet Harapan Bangsa dengan total tagihan Rp.39.393.939 (tiga puluh sembilan juta tiga ratus  sembilan puluh tiga ribu sembilan ratus tiga puluh sembilan rupiah). Dalam situasi yang kebeteluan korban sedang sibuk pelaku menelepon korban secara terus menerus sehingga transaksi itu terjadi.

Dalam hari yang sama sabtu, 02/09/2023 korban langsung melakukan pelaporan atas kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib polsek cileunyi kemudian mengarahkan untuk membuat laporan ke Polda Jabar, kemudian saat membuat pelaporan pihak kepolisian meminta bukti rekening koran guna memenuhi syarat pelaporan.

Red.El

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.