Seo Services

DISKOMINFO KOTA CIMAHI TINGKATKAN KUALITAS KETERSEDIAAN DATA STATISTIK SEKTORAL.

Cimahi, Bidik Nusantara News. 

Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peran Perangkat Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Ketersediaan dan Publikasi Data Statistik Sektoral di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi Tahun 2024 bertempat di Aula Gedung A Kantor Pemkot Cimahi, Selasa (27/02/2024) 

Kepala Diskominfo Kota Cimahi, Hendra Gunawan menyebutkan Data Statistik Sektoral sangat penting dan strategis dalam untuk mendukung pengambilan kebijakan Pemerintah. 

Ketersediaan dan Publikasi Data Statistik sektoral yang berkualitas sangatlah penting dan Strategis dalam upaya mendukung perencanaan dan evaluasi program pembangunan yang berkualitas. Program yang kita lakukan ini selaras dengan amanat Presiden terkait kebijakan tata kelola Data Pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, Mutakhir dan terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi Pakaikan, "terangnya.

Hendra juga menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan mengenai evaluasi penyelenggaraan Statistik sektoral/EPSS sesuai peraturan BPS No. 3 Tahun 2022 yang akan diterapkan pada semua perangkat daerah di lingkungan Pemkot Cimahi, juga untuk memberikan gambaran bahwa Ketersediaan Data pada Portal satu Data dan open Data sangat strategis untuk mendukung Data ngahiji yang sedang dikembangkan, "tuturnya.

Di tengah Rakor tersebut, Pj Walikota Cimahi Dr. Ir. Dicky Saromi, M.Sc menyampaikan pentingnya Data Statistik Sektoral. Statistik penting artinya bagi Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam pembangunan nasional. 

Pj Walikota Cimahi Dicky Saromi berharap setiap orang OPD bisa menyajikan Data Statistik Sektoral yang lengkap, akurat dan mutakhir. Tidak hanya itu, melalui Rakor ini juga dapat mewujudkan sistem statistik yang handal, efektif dan efisien guna mendukung daerah sehingga dapat menciptakan keterpaduan pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan dengan didukung Data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, "tegasnya.

Narasumber dalam Rakor ini, Indah Lasmini, S.Si, Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat dan Yudi Purbosari, S.ST, MT fungsional Pranata komputer ahli madya BPS Provinsi Jawa Barat. (Bidang IKPS/Amron Sihombing)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.