Seo Services

PEMKOT CIMAHI SOSIALISASIKAN KONSUMSI PANGAN MASYARAKAT "BERAGAM BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN" (B2SA)

  



Cimahi, Bidik Nusantara News. 

Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan "Sumber Daya Manusia" (SDM) yang berkualitas, dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam. Kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lain, sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang. Dalam rangka meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan gizi masyarakat khususnya pada anak usia dini. Pemkot Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi menggelar kegiatan sosialisasi pola konsumsi pangan masyarakat "Beraneka Bergizi Seimbang dan Aman" (B2SA) kepada murid Sekolah Dasar bertempat di SD Plus Nurul Aulia Citeureup, Selasa (27/02/2024). 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Tita Mariam dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah, 1) sebagai tindak lanjut amanat UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan, bahwa arah kebijakan umum Ketahanan Pangan dalam perbaikan kualitas konsumsi pangan dan gizi masyarakat dapat dilakukan melalui peningkatan pola konsumsi pangan masyarakat yang berbasis sumberdaya dan budaya lokal. 2) Meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan dan memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan bagi anak-anak usia dini serta mengajak anak-anak untuk menghindari makanan yang tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. 3) Memberikan informasi dan edukasi terkait porsi makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi "ISI PIRING" adalah pengganti konsep 4 sehat 5 sempurna, gerakan pangan lokal Cimahi kampanye Stop Boros Pangan dan Sekolah Sehat, "jelasnya.

Di kesempatan itu juga Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi yang hadir membuka kegiatan sosialisasi menyatakan bahwa kegiatan yang kami lakukan ini sangat penting dan strategis, apalagi sasarannya anak-anak sekolah dan anak usia dini agar ke depannya kita dapat bersama-sama mencetak Sumber Daya Manusia yang sehat, cerdas dan berkualitas melalui penyediaan aneka ragam pangan dan peningkatan konsumsi pangan yang berbasis potensi sumber daya lokal. 

Pj Walikota Cimahi Dicky Saromi berharap melalui gerakan pangan lokal "B2SA" habiskan (beragam, bergizi seimbang serta aman) sekolah sehat dan kampanye boros pangan memiliki pemahaman dan informasi yang benar, bahwa untuk memenuhi kebutuhan gizi dan karbohidrat pada tubuh, tidak harus mencari dan memberi makanan serta jajanan yang mahal namun cukup dengan mengkonsumsi bahan pangan lokal yang beragam bergizi, seimbang serta aman, atau yang biasa kita sebut "B2SA". Pj Walikota yakin jika pola konsumsi pangan B2SA melalui pemanfaatan pangan lokal ini dapat kita penuhi, maka kedepannya kita pasti akan memiliki generasi yang sehat, kreatif, produktif, cerdas dan berprestasi, tuturnya. (Bidang IKPS/Amron Sihombing)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.