Seo Services

PEMERINTAH KOTA CIMAHI MENGGELAR MUSRENBANG RPJPD TAHUN 2024

PEMERINTAH KOTA CIMAHI MENGGELAR MUSRENBANG RPJPD TAHUN 2024.

Cimahi, Bidik Nusantara News. 
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Cimahi diselenggarakan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi yang diikuti dari unsur Forkopimda, Ketua/Wakili Ketua DPRD, Ketua Komisi Komisi DPRD, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Cimahi, Ketua TP. PKK Kota Cimahi, TNI/Polri, Ormas, Akademisi, Media massa dan perwakilan stakeholder pembangunan lainnya bertempat di Mall Technopark, Kamis (18/04/2024). 

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Totong Solehudin dalam laporannya, bahwa tujuan diselenggarakan Musrenbang RPJPD Kota Cimahi Tahun 2025-2045 untuk menyepakati Visi-Misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang Kota Cimahi yang akan disingkronkan dengan Visi-Misi pembangunan jangka panjang Provinsi Jawa Barat dengan Nasional. 

Pj. Walikota Cimahi, Dicky Saromi dalam sambutannya mengaitkan instruksi Mentri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2024 tentang pedoman umum penyusunan RPJPD tahun 2025-2025. Musrenbang yang diselenggarakan hari ini adalah tahapan terakhir untuk memastikan proses teknokrastis dan partisifatifnya dimana di Bulan Mei tahun ini sudah masuk pada agenda proses politis sehingga diharapkan mendapatkan masukan baik dari konsultasi publik maupun masukan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat. 

Dicky Saromi mengingatkan, Kota Cimahi untuk 20 tahun kedepan mengusung Visi Cimahi Campernik Kota Maju, Unggul dan Berkelanjutan dengan 8 Misi, yakni; 1) Mewujudkan Sumber Daya Manusia berkualitas dan Berdaya saing, 2) Mewujudkan Pembangunan Ekonomi yang inklusif dengan produktivitas daerah yang tinggi yang dan berkelanjutan, 3) Mewujudkan Tata kelola Pemerintahan yang berkualitas, kolaboratif dan adaptif, 4) Mewujudkan Stabilitas Sosial Politik, Keamanan dan Ketentraman, 5) Mewujudkan Masyarakat yang memiliki ketahanan sosial budaya, 6) Mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup dan bencana yang terintegrasi, 7) Mewujudkan infrastruktur perkotaan yang maju, inklusif dan berkelanjutan, 8) Mewujudkan Perumahan dan Pemukiman yang berkualitas dan berkelanjutan. 
Pj. Walikota menambahkan, bahwa hasil RPJPD ini nantinya akan diserahkan ke KPU, selanjutnya KPU memberikan masukan kepada calon Walikota Cimahi ketika menyusun RPJMD tahun 2025-2029 harus mengacu pada RPJPD Kota Cimahi Tahun 2025-2045.

Narasumber Musrenbang RPJPD sebagai perencana Ahli Utama, Dr. Guspika, MBA dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Dr. Iendra Sofyan, ST, MSi Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat. (Amron Sihombing)

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.